Monday, November 5, 2012

Bahagia itu sederhana

Kebahagiaan selalu dicari orang.
Muda, tua, hitam maupun putih semua mempunyai tujuan sama di hidup ini.
Mencari kebahagiaan itu tidaklah mudah.
Untuk beberapa orang, mungkin kebahagiaan itu bisa dibeli tapi itu hanyalah kebahagiaan sementara yg tidak bisa dikenang manisnya.
Kebahagiaan yg sesungguhnya itu berasal dari orang terdekat kita dan dari diri kita sendiri. Kadang kita merasa bahagia karena memiliki sebuah barang yg belum dimiliki orang laun atau karena kita telah mencapai salah satu goal kita.

Keluarga adalah sumber kebahagiaan kita yg paling utama karena keluarga adalah tempat dimana kita belajar mengasihi, menyayangi dan mengetahui apa artinya hidup. Sebuah keluarga yg hancur tidak bisa membuat perjalanan hidup anak anaknya menjadi baik.
Keluarga yg baik adalah keluarga yg slalu mendukung orang orang yg ada di dalamnya, tidak akan mengkhianati dan tidak akan meninggalkan keluarga itu apapun yg terjadi. Keluarga seharusnya menjadi tempat yg tidak bisa dimusnahkan.
Kebahagiaan di dalam keluarga sangatlah sederhana. Hanya dengan cara berbincang, berekreasi bersama atau dengan hanya menghabiskan waktu luang bersama sudah sangat cukup untuk membuat setiap anggota keluarga tersebut tersenyum dan mengetahui bahwa orang orang yg sangat dekat dengan mereka bisa membuat mereka tersenyum.
Kebahagiaan akan lebih terasa apabila keluarga kita bisa membantu kita untuk menyelesaikan permasalahan yg kita hadapi bukan menambah permasalahan.

Untuk anak anak remaja, teman teman mereka adalah orang orang yg paling bisa membuat mereka bahagia. Bgaimana tidak? Setiap hari mereka akan menghabiskan waktu bersama sama di sekolah dan di luar skolah. Mereka bercerita, berbagi bekal dan membuat permainan yg seolah olah menantang keberanian mereka scr mental bukan fisik.
Saat seorang anak mempunyai masalah dalam keluarga, dia akan menceritakannya kepada salah seorang temannya dan meminta nasihat. Dan juga jika ia mempunyai masalah dengan temannya yg lain, dia akan bercerita kepada teman yg sama dan juga meminta pertolongan agar dia dan temannya tidak lagi bermasalah.
Teman itu segalanya untuk anak anak remaja karena sering anak anak sebaya nya lebih mengerti tentang situasi dibanding orang tua.
Itulah beberapa contoh kebahagiaan yg berasal dari teman.
Kebahagiaan yg sangatlah berkesan dari teman teman bisa terlihat saat seorang anak berulang tahun. Mungkin dia tidak diberi mobil atau rumah oleh teman temannya. Hanya sebuah kue tart dan beberapa lilin yg dipersembahkan secara tiba tiba sudah sangatlah membuat dia menitihkan air mata bahagia. Tidak banyak orang orang yg mempunyai teman yg rela memberikan kejutan spt itu di hari ulang tahun.

Bahagia itu saat teman teman mengerti keadaan kita saat kita sedih.
Bahagia itu saat kita mempunyai teman yg mau mendengarkan keluh kesah kita dan rela melakukan apa saja untuk melihat kita tersenyum.
Bahagia itu pengorbanan. Membuat seseorang bahagia itu dibutuhkan pengorbanan yg sangat besar. Membahagiakan diri sendiri saja tidak mudah apalagi harus membahagiakan orang lain.
Semua itu bisa kita dapatkan asal kita mau dan bisa membahagiakan orang orang di sekitat kita.

Dengan senyuman, bisa membuat orang lain bahagia.
Bahagia itu sederhana. :)

No comments:

Post a Comment