Tuesday, September 27, 2011

Apalah artinya persahabatan tanpa kasih sayang

Well, seorang sahabat, umumnya akan slalu ada disampingmu. Maksudnya, dia akan ada saat kamu kesusahan. Bukan cuma saat kamu membutuhkan dia atau sebaliknya. Melainkan, dia akan slalu ada saat kamu membutuhkan dia atau nggak.
Dia akan menghubungi kamu biar pun cuma mau say 'hello', atau mau cerita, atau karena kangen sama kamu. Banyak alasan kenapa sahabat menghubungi kita.
Kita sendiri juga akanmelakukan hal yang sama ke sahabat kita. Kita akan menghubungi dia kalo kita kangen sama dia atau butuh tempat untuk curhat.
Unek-unek yang kita pendem dalam hati kita itu cuma bikin tambah nyesek kalo nggak dikeluarin. Ke siapa harus kita keluarkan? Kalo bisa mengeluarkannya ke orang tua, that's good. Kalo nggak bisa, musti kemana? Ke tembok? atau kepada rumput yang bergoyang?
Tentu tidak. Selama kita masih punya sahabat, mereka akan dengan senang hati mendengarkan unek-unekmu. Mereka gak akan stop ngobrol sama kamu sebelum semua isi hatimu keluar.
Itu lah uniknya teman. Mereka gak akan bosen dengerin apa yg terjadi sama kita. Malah mereka bisa membantu kita keluar dari masalah. Mereka bis angasi kita saran yang baik. Mereka bis angasi kita support meskipun beda negara/beda kota.
Untuk seorang anak yang jauh dari sodar-sodaranya, sahabat sangatlah berarti buat dia. Karena kemana lagi dia harus berpaling kalo dia ditinggal sendirian di rumah? Kepada siapa dia hatus cerita kalo dia merasa sendirian? Kalo punya pacar, ya masih untung. Tapi kalo yang single bagaimana?
Cuma sahabatlah tempat pelarian mereka. Tapi dalam hal ini, pelarian bukan dikategorikan ke hal yg jelek. Ya itu lah maksudnya.
 
Sesorang yg memiliki sahabat baik saat mereka masih di bangku sekolah, pasti akan menyayangi mereka dengan sangat amat teramat tulus. Biarpun sahabatnya slalu bikin emosi, bikin jengkel, tapi bagaimanapun juga, mereka adalah sahabat mereka. Dia gak akan bisa hidup tanpa sahabatnya itu.
Sahabatnya pun akan menyayangi dia juga karena mereka saling membutuhkan Baik itu dalam hal kejiwaan, maupun dalam hal pelajaran di sekolah. Hahahaa, ini sungguh bikinmalu. Tapi itu lah kenyataan. Seorang sahaba gak akan tega ngeliat sahabatnya itu struggling saat ulangan matematika. Sahabatnya akan melakukan segala cara untuk membantu dia. Karena bagi sahabat, 1 remidi, semuanya remidi. Itu dikarenakan mereka dapet jawaban dari sumber yg sama. *bener kaaann??*
 
Bagaimanapun sikap sahabat terhadap kamu, kamu harus bisa terima. Mau itu dia marah-mrah gak jelas sama kamu, mau ia baik, pokoknya semuanya harus kamu hargai.
Karena kalo iinget-inget, mereka udah berkorban banyak untuk kamu. Apa pengorbanannya? Kita gak tau. Cuma dia dan Tuhan yang tahu.
Kalo sahabat kamu tiba-tiba marah-marah gak jelas, maklumilah, mungkin dia lagi badmood atau PMS. Tapi bedakan mana marah-marah karena badmood dan mana marah-marah untuk kebaikanmu.
Kadang sahabatmu harus marah sama kamu karena kamu susah dikasitau. Kamu mau melakukan sesuatu yang semua orang tau itu salah. Ya gimana sahabatmu itu gak marah? wajar kan. demi kebaikanmu sekarang dan nanti.
 
Persahabatan itu dimulai dengan perkenalan. Lalu ngobrol-ngobrol, eh nyambung. Trus karena satu dan lain halm tiba-tiba langsung jadi temen deket, lalu menjadi sahabat.
Semua itu terjadi karena masing-masing mereka merasa nyaman kalo cerita, merasa kalo mereka gak faking , dan sering menghabiskan waktu bareng-bareng.
Hal yang paling gak bisa dilupain sama sahabat itu, waktu kalian bertingkah laku kayak orang gila di dpan orang banyak. Biarpun memalukan, tapi karena ada temen danterpacunya adrenalin, seketika perasaan malu itu hilang begitu saja. *bener gaakk??*
 
Jarak hanya lah jarak. Jaman udah kayak gini, jarak itu sebenernya gak ngaruh.
Kita bisa sms an, bbm an, twitter an, fb an, skype an, telfonan.
Pokoknya, iarpun jauh, kita tetep bisa saling contact each other. Asal ada keinginan untuk contact-contact an. Kalo gak ada, ya apalah arti persahabat yg kayak gitu?
Jangan mentang-mentang kalian berada ditempat yg berbeda lalu memutuskan contact begitu saja.
Itu sangat lah diharamkan. Masa cuma karena distance, sebuah persahabat berakhir begitu saja? Itu konyol sekali.
Pertahankanlah persahabatan kalian. Karena tanpa sahabat, kalian gak akan bisa menikmati indahnya dunia. Kalian gak akan bisa mengenali dunia. Dan kalian gak akan mempunyai pengalaman yg tak terlupakan.
Dan at the end of the day, kalian akan merasa beruntung punya temen seperti mereka.
 
Mengingat kenangan sama sahabat-sahabat bisa bikin air mata pengen keluar.
Ya iyalah! Kalo kalian hidup ditempat baru, mungkinkah kalian bisa dapet sahabat yang kayak dulu lagi? Mungkin bisa. Tapi, akankah mereka semenyenangkan sahabat kalian yg dulu? Mungkinkah mereka tidak tersinggung kalo kita bercanda ngeledek dia? Akankah kalian dapet pengalaman yg sama? Atau akankah sahabat baru kalian slalu ada untuk kalian??

No comments:

Post a Comment